Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN No.15 Lantang Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.99Keywords:
learning media, Audio visual, Civics Learning OutcomesAbstract
This research aims to determine the influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students. This type of research is pre-Experimental design research with a quantitative approach. The sample in this study was class V students at SDN No. 15 Lantang, Polombangkeng Sealatang District, Takalar Regency. The data in this study were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics. The results showed that there was an influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students at SDN No. .15 Loud. This shows a descriptive statistical analysis of student learning outcomes using audio-visual media. Before using audio visual media there were 20 students or 95.23% who did not complete, only 1 student or 4.76% completed. After using audio visual media, 18 students or 85.71% completed, 3 students or 14.28% did not complete. Based on the results of the one sample t-test hypothesis test, the sig. (2-taillet) obtained 0.000 which shows that 0.000 < 0.5 or in other words H_0 is rejected and H_1 is accepted, which means that there is an influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students.
References
Al Muchtar, Suwarna. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif, Bandung : Gelar Pustaka Mndiri
Arikunto , Suharsini. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyat. Azhar. 2011, Media Pembelajaran. Jakarta
Aryani Ine Kusama, dan Markam Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia
Depdiknas, 2004. Peningkatan Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2006. Kurikulu Tingkat Datuan Pendidikan (KTSP). Jakarta ; Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Edy Kurniawan, dkk, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5,1, 2022: 27-38.
Emzir. 2014. Metodologi Pendidikan Kualitatif Analisi Data. Jakarta : Rajawali Pers
Fauziah, Robiatul. 2011. MEDIA AUDIO VISUAL. Terdapat dalama http://robiatul fazriah.blogspot.com/2011/05/media-audio-visual.html. Diakses pada 3 Agustus 2023 08:13
Hamdani, Nizae Alam Dan Hemana, Dody, 2008. Clasroom Action Research Jakarta : Rahayakasa
Hidayat, R & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ilyas, N 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap penguatan kognisi Siswa Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN 36 Lasisasi Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar; Universitas Muhammadiyah Makassar.
Indrawan. R, Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung, PT.Refika Aditama
Kerlinger. (2008). Rancangan Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Marlina, L & Sholehun, S. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1): 68.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Mutiara 2023. Pengembangan Model Pembelajaran Papan Pecahan Dalam Pembelajaran Materi Pecahan di Kelas III SDN 62 Palisi Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Purwono Joni, Yutmin. S., And Anitah, S, (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2, (2), 127-144
Ratnasari, E. 2021. Pengaruh penggunaan media pembelajaran Aplikasi Quizzz terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Bawakaraeng 2 Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar ;Universitas Muhammadiyah Makassar
Ruminiati, 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta : Depdiknas
Sani, R. A. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Siswanto, MA & Susanto, Ratnawati, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Rist Tidakan Indonesia, 7(3). 522-527. https://doi.org/10.29210/30032101000
Solihatin, Etin, 2012, Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta : Bumi Aksara
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), (Bandung; Alfabeta, 2017), 109-110.
Sukiman, 2012, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Supriadi, dkk, (2012). Modul pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Surakhmad, Winamo, 2021, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik, Tarsito, Bandung.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Jenis Dan Karakteristik Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (hal. 47-84). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Suswanto 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta CV Andi Offset.
Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara
Winataputra, dkk (2007). Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Yosin Marin. (2012:1). Pengaruh Pajanan Debu Respirable PM2,5. Terhadap Kejadian Gangguan Fungdi Paru Pedangan Tetap di Terminal Terpadu Kota Depok Tahun 2012.
Yusuf A M. (2015), Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.