Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN No.15 Lantang Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar

Authors

  • Muh Ikbal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sugiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rismawati Rismawati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.99

Keywords:

learning media, Audio visual, Civics Learning Outcomes

Abstract

This research aims to determine the influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students. This type of research is pre-Experimental design research with a quantitative approach. The sample in this study was class V students at SDN No. 15 Lantang, Polombangkeng Sealatang District, Takalar Regency. The data in this study were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics. The results showed that there was an influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students at SDN No. .15 Loud. This shows a descriptive statistical analysis of student learning outcomes using audio-visual media. Before using audio visual media there were 20 students or 95.23% who did not complete, only 1 student or 4.76% completed. After using audio visual media, 18 students or 85.71% completed, 3 students or 14.28% did not complete. Based on the results of the one sample t-test hypothesis test, the sig. (2-taillet) obtained 0.000 which shows that 0.000 < 0.5 or in other words H_0 is rejected and H_1 is accepted, which means that there is an influence of the use of audio-visual media on the Civics learning outcomes of class V students.

References

Al Muchtar, Suwarna. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif, Bandung : Gelar Pustaka Mndiri

Arikunto , Suharsini. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyat. Azhar. 2011, Media Pembelajaran. Jakarta

Aryani Ine Kusama, dan Markam Susatim. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia

Depdiknas, 2004. Peningkatan Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. 2006. Kurikulu Tingkat Datuan Pendidikan (KTSP). Jakarta ; Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Edy Kurniawan, dkk, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas II MI Dwi Dasa Warsa, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5,1, 2022: 27-38.

Emzir. 2014. Metodologi Pendidikan Kualitatif Analisi Data. Jakarta : Rajawali Pers

Fauziah, Robiatul. 2011. MEDIA AUDIO VISUAL. Terdapat dalama http://robiatul fazriah.blogspot.com/2011/05/media-audio-visual.html. Diakses pada 3 Agustus 2023 08:13

Hamdani, Nizae Alam Dan Hemana, Dody, 2008. Clasroom Action Research Jakarta : Rahayakasa

Hidayat, R & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Ilyas, N 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book terhadap penguatan kognisi Siswa Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN 36 Lasisasi Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar; Universitas Muhammadiyah Makassar.

Indrawan. R, Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung, PT.Refika Aditama

Kerlinger. (2008). Rancangan Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Marlina, L & Sholehun, S. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1): 68.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Mutiara 2023. Pengembangan Model Pembelajaran Papan Pecahan Dalam Pembelajaran Materi Pecahan di Kelas III SDN 62 Palisi Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Purwono Joni, Yutmin. S., And Anitah, S, (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2, (2), 127-144

Ratnasari, E. 2021. Pengaruh penggunaan media pembelajaran Aplikasi Quizzz terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Bawakaraeng 2 Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar ;Universitas Muhammadiyah Makassar

Ruminiati, 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta : Depdiknas

Sani, R. A. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Siswanto, MA & Susanto, Ratnawati, (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Rist Tidakan Indonesia, 7(3). 522-527. https://doi.org/10.29210/30032101000

Solihatin, Etin, 2012, Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), (Bandung; Alfabeta, 2017), 109-110.

Sukiman, 2012, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani

Supriadi, dkk, (2012). Modul pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Surakhmad, Winamo, 2021, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik, Tarsito, Bandung.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Jenis Dan Karakteristik Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (hal. 47-84). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Suswanto 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta CV Andi Offset.

Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Winataputra, dkk (2007). Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yosin Marin. (2012:1). Pengaruh Pajanan Debu Respirable PM2,5. Terhadap Kejadian Gangguan Fungdi Paru Pedangan Tetap di Terminal Terpadu Kota Depok Tahun 2012.

Yusuf A M. (2015), Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Muh Ikbal, Andi Sugiati, & Rismawati Rismawati. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SDN No.15 Lantang Kecamatan Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 22–38. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.99

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.