Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Di MA Muhammmadiyah Nangahure

Authors

  • Rahmat Rahmat IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Gabriel Gleko IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Abdullah Muis Kasim IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.62383/katalis.v1i1.93

Keywords:

Character Education, Scouting Activities, Extracurricular

Abstract

This study aims to: (1) Describe activities in strengthening student character education through Scouting extracurricular activities at MA Muhammadiyah Nangahure (2). To find out the supporting and inhibiting factors for the implementation of extracurricular scouting activities at MA Muhammadiyah Nangahure. This study uses a qualitative approach. The data in this study were obtained through observation, in-depth interviews and documentation. The results of the study show that students at MA Muhammadiyah Nangahure have the character of discipline, religion, friendship/communicative, and responsibility. Factors that influence the application of character values ​​in scouting activities at MA Muhammadiyah Nangahure, namely: First, supporting factors, namely the implementation of the mandate of Law Number 12 of 2010 concerning the Scouting movement and the results of the 2013 Scout Movement National Conference Decision. Second, the inhibiting factor is the lack of awareness of the participants education and the influence of the social environment.

References

A. Muri Yusuf2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : Prenadamedia group.

Achsan Husairi,(2008). Menejemen Konseling di Pelayanan Bimbingan dan Sekolah,Bogor.Arya Duta.

Andi Prastowo. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian.Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.

Anifal Hendri (2008:3-3) dalam http: Ekskul Olahraga Upaya Membangun Karakter Siswa//202.152.33.84/index.php?option=com_content&task=view&id=16421&Itemid 46.(diakses pada tanggal 22/02/2014, pkl:12.17 WIB)

Asmani,Jamal Ma’mur.2011.Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah .Jogjakarta:Diva Press.

Depdiknas.2005.Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru).Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas

Fathurrohman,Pupuh,dkk.2013.Pengembangan Pendidikan Karakter .Bandung :PT.Refika Aditama

Kemdikbud.2017.Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidkan Nasional.

Kemendiknas.2010.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Jakarta:Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemendiknas.2011.Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter ,Jakarta:Pusat Kurikulum Perbukuan

Kwartir Nasional. 2011. Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

M.Noor,Rohinah.2012.The Hidden Curiculum:Pembangunan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.Yogyakarta:Insan Madani

Mu’in Fatchul .(2011). Pendidikan Karakter, Kontruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Muchlas,Samani & Hariyanto.2013.Konsep dan Model : Pendidikan Karakter. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Fadillah & Lilif Mualifatu Khorida.2013.Pendidikan Karakter Anak Usia Dini:Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Mulyasa,2013, Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya Bandung.

Mulyasa.2012.Praktek Penelitian Tindakan Kelas.2012.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Murshito, Joko. Kursus PEMBINA PRAMUKA MAHIR Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,2010.

Nurwanti,Sri.2011.Pendidikan Karakter.Yogyakarta:Familia

Permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Rahmatia, Diah. 2015.Buku Pintar Pramuka.Jakarta: Bee Media Pustaka.

Samani, Muchlas, Hariyanto.2011.Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya

Saroni,Muhammad, 2011,Personal Branding Guru ,Yogyakarta:Affaruz Media

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, Andri Bob. 2016. Boyman ragam latih Pramuka. Bandung: Darma Utama.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 pasal 4 tentang tujuan Gerakan Pramuka.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahuin 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Rahmat Rahmat, Gabriel Gleko, & Abdullah Muis Kasim. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Di MA Muhammmadiyah Nangahure. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i1.93

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.