Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengguna Trans Batam terhadap Kepuasan Masyarakat Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.62383/sosial.v2i1.1329Keywords:
Facilities, Quality, Service Towards SatisfactionAbstract
This study aims to determine the Influence of Facilities and Service Quality of Trans Batam Users on Satisfaction of Batam City Community. The population in this study were people who use Trans Batam public transportation using nonprobability sampling, namely accidental. The criteria used as samples in this study were users who had used Trans Batam public transportation, so that the number of samples was 100 respondents. This type of research is Quantitative. Validity and reliability tests were carried out on the questionnaire. Data were analyzed using multiple linear regression analysis, including t-test, F-test and coefficient of determination. This study was conducted using SPSS version 29. The results showed that partially the variables of Facilities and Service Quality had a significant effect on Satisfaction in Batam City. The results of the F Test obtained an Fcount value of 294,306 with Ftable 3.09 identifying that the variables of Facilities and Service Quality simultaneously had a significant effect on Satisfaction in the community. Based on the coefficient of determination test, around 85.6% of the satisfaction variables in the community were influenced by the variables of Facilities and Service Quality. The remaining 14.4% is influenced by other factors not explained in this study.References
Abdullah, M.M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswara Pressindo.
Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: STIM YKPN.
Agung Sudoyu. (2018). Standar Pelayanan Minimal Terminal Bus.
Alfisyahrin, Muhammad. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Penerbit: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Deliyani, E., & Prambudi, B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Penumpang MRT Jakarta. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen. Volume 9 Nomor 2.
Fadhilah, M. W., & Amalia, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Kota DAMRI terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang Bus Kota DAMRI Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, Volume 7 Nomor 3.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya), Konsep Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gavamedia.
Komang Adi Suniantara. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Trans Batam.
Media Center Batam. (2022). Pemko Dapat Tambahan 45 Armada Bus Trans Batam. https://webarchive.batam.go.id/mediacenter.batam.go.id/01/berita-pemko-dapat-tambahan-45-armada-bus-trans-batam.html. Diakses Pada Tanggal 27 April 2024 Pukul 14:45 WIB.
Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasution. (2018). Managemen Transortasi.
Oskar. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Pelanggan pada PT Cahaya Express di Kota Batam. Skripsi. Universitas Putera Batam.
Prayetya, Sandi. (2015). Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan.
Ratna, P. M. (2021) Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Pengguna Trans Batam di Koridor Sekupang-Jodoh. Skripsi. Universitas Putera Batam.
Saputra, A. A. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3 Nomor 2.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supranto. (2022). Mengukur tingkat kepuasan pelanggan.
Titi Rohayati. (2018). Desan dan inovasi penigkatan kualitas pelayanan publik.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Publisher.
Weldy, R. A. (2018). Analisis Pelayanan Bus Rapid Transit Kapasitas Sedang Pada Sistem Transportasi Perkotaan. Warta Penelitian Perhubungan. Volume 30 Nomor 2.
Yineu, N. L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan TOP 40 Family Karaoke Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah :
Peraturan bahwa lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan intergasi nasional sebagai dari upaya memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamankan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Peraturan bahwa mengenai upaya cipta kerja yang diharapkan mampu menyerap tenaga kerja indonesia yang seluas-luasnya ditengah persaingan yang semakin kompertitif dan tuntutan globalisasi ekonomi.
Peraturan bahwa untuk menunjang keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan dapat diadakan fasilitas pakir umum.
Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun Angkutan jalan, Lembaran Negara Nomor 260 Tahun 2014.
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Lembaran Negara Nomor 96 Tahun 2009.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sosial Simbiosis : Jurnal Integrasi Ilmu Sosial dan Politik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.